Wednesday, May 18, 2011

Kanker payudara

Kanker payudara adalah kanker yang menyerang jaringan payudara. Kanker ini bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara. Pada umunya banyak menyerang wanita, tetapi laki – laki pun dapat terkena kanker payudara ini. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembelahan dan kemoterapi atau radiasi.
Gejala awalnya adalah mulai timbulnya tonjolan kecil yang tidak nyeri. aPada awalnya kecil nmun lama kelamaan akan membesar dan menempel pada putting susu. Biasanya pada benjolan ini memiliki pinggiran yang tidak teratur. Pada stadium lanjut, kulit pada sekitar benjolan akan mengkerut atau masuk ke dalam seperti kulit jeruk dan akan muncul borok pada payudara.Lama kelamaan borok itu akan semakin membesar dan merusak seluruh jaringnan payudara, yang terkadang mengeluarkan bau tak sedap dan mengeluarkan darah.
Ada 3 macam cara pengobatan kanker payudara ini. Yang pertama adalah mastektomi. Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Ada 3 macam mastektomi, yaitu:
1.       Modified Radical Mastectomy, yaitu yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
  1. Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
  2. Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.
Yang kedua dengan cara radiasi. Radiasi adalah penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar  X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sisa – sisa sel kanker setelah operasi.
 Yang ketiga adalah dengan cara kemoterapi. Kemoterapi adalah pemberian obat – obatan anti kanker. Ada efek dari obat – obatan ini, yaitu mual – mual atau muntah dan rambut rontok.

No comments:

Post a Comment